Kamis, 27 Mei 2010

PENDAFTARAN MAHASISWA BARU AKADEMI PERAWAT PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2010


JADUAL PENYELENGGARAAN SIPENSIMARU
AKADEMI KEPERAWATAN PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH
TAHUN AJARAN 2010/2011


KEGIATAN KETERANGAN
KELAS REGULER KELAS AKSELERASI
I. Waktu Pendaftaran dan
Test
A. Jalur Khusus : PMDP
Pendaftaran 15 Mei s.d 7 Juni 2010
Pengumuman seleksi administrasi 9 Juni 2010
Psikotest Kamis, 10 Juni 2010, jam 08.00 s.d selesai
Placement TOEFL & wawancara Jumat, 11 Juni 2010, jam 08.00
Tes Kesehatan Diinformasikan setelah dinyatakan LULUS psikotest, Placement TOEFL dan wawancara
Biaya pendaftaran dan test Rp. 130.000,-
(Psikotest, Placement Toefl, Wawancara, Administrasi dan Penyelenggaraan
Syarat pendaftaran 1. Lulusan SMA/MA jurusan IPA/IPS dengan nilai minimal 7 untuk mata ajar sejak semester I s.d V untuk mata ajaran sebagai berikut :
Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, Fisika, Biologi dan Ekonomi (khusus IPS)
2. Tidak memiliki nilai 5 (lima) untuk setiap mata ajar sejak semester I s.d V
3. Tinggi badan minimal : Perempuan 155 cm, laki-laki 160 cm
4. Berat badan proposional (Indeks Masa Tubuh : 18,5 s.d 25)
5. Umur maksimal 23 tahun pada 1 September 2010
6. Berbadan sehat dan tidak ada kelainan fisik yang dapat mengganggu proses belajar
7. Membawa pas foto 4x6 sebayak 5 lembar
8. Membawa fotocopy raport semester 1 s.d v yang telah dilegalisir.
B. Jalur Umum
Gelombang I
Pendaftaran 15 Mei s.d 22 Juni 2010
Tes Tulis 23 juni 2010, jam 08.00 s.d 11.00
Psikotest 24 Juni 2010 (jam 08.00 s.d selesai)
Placement TOEFL & Wawancara 25 s.d 26 Juni 2010 (jam 08.00 s.d selesai)
Tes Kesehatan Diinformasikan setelah dinyatakan LULUS Test tulis, Psikotest, Placement TOEFL & Wawancara
Gelombang II
Pendaftaran 23 Juni s.d 6 juli 2010
Tes Tulis Rabu, 7 juli 2010, Jam (08.00 s.d selesai)
Psikotest Kamis, 8 Juli 2010, Jam (08.00 s.d selesai)
Placement TOEFL & Wawancara Jumat-Sabtu, 9 s.d 10 juli 2010 (Jam 08.00 s.d selesai)
Tes Kesehatan Diinformasikan setelah dinyatakan LULUS Test tulis, Psiko test, Placement TOEFL, Wawancara
Biaya Pendaftaran dan Test Rp. 180.000,-
(Test Tulis, Psikotest, Placement TOEFL, Wawancara, Adminstrasi dan Penyelenggaraan)
Syarat Pendaftaran Kelas Reguler :
SMA/SMU (IPA & IPS)
MA (IPA & IPS)
SMK (SMEA) Kelas Akselerasi :
SMA/SMU (IPA & IPS)
MA (IPA & IPS)
Tinggi badan minimal : Perempuan 155 cm, laki-laki 160 cm
Berat badan proposional (Indeks Masa Tubuh : 18,5 s.d 25)
Umur maksimal 23 tahun pada 1 September 2010
Berbadan sehat dan tidak ada kelainan fisik yang dapat mengganggu proses belajar
Membawa pas foto 4x6 sebayak 5 lembar
Membawa fotocopy ijazah dan SKHU/DANEM yang telah dilegalisir 1 lembar
II. Biaya Pendidikan
SPP per semester
Akan diinformasikan kemudian
Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI)
Seragam, Atribut & PPS (Pengenalan Program Studi)
Biaya Akomodasi di Asrama
Biaya Ucap Janji
Biaya Praktik
Biaya Ujian Akhir & Wisuda
III. Tempat Pendaftaran Hari Senin s.d Jumat, jam 08.00 s.d 15.30 WIB, Hari Sabtu, jam 08.00 s.d 12.00 WIB
1. Kampus I
Jl. Pakuwojo PO BOX 04/104 Sumberan Barat, Wonosobo Telp. 0286.324313, Fax 0286-321122
2. Kampus II
Jl. Merapi 17 A Suwakul, Ungaran Telp/Fax 024.6921477
IV. Prosedur Pendaftaran 1. Calon mahasiswa datang sendiri untuk mendaftar dengan membawa persyaratan di kampus I Wonosobo atau Kampus II Ungaran
2. Tinggi Badan dan berat badan diukur oleh petugas
3. Dokumen persyaratan diserahkan dan diperiksa petugas
4. Bila memenuhi persyaratan dapat langsung membayar biaya dan mengisi formulir pendaftaran
5. Mengikuti tes tertulis (kecuali peserta PMDP), psikotes, placement TOEFL dan wawancara
6. Pengumuman hasil seleksi dapat dilihat dikampus Akper Pemprov jateng

Sumber :http://akperpemprov.jatengprov.go.id

Penerimaan Mahasiswa Baru Akademi Pimpinan Perusahaan tahun 2010

Akademi Pimpinan Perusahaan
Akademi Pimpinan Perusahaan merupakan perguruan tinggi dibawah naungan Departemen Perindustrian membuka kesempatan bagi pemuda/pemudi Warga Negara Indonesia untuk didik menjadi Ahli Madya Manajemen Industri melalui jalur PPKA (Program Penelusuran Kemampuan Akademik) dan Jalur Reguler melalui Seleksi Penerimaaan Mahasiswa Baru (PMB).


Hal ini mengingat kebutuhan tenaga ahli manajemen industri saat ini dan tahun-tahun mendatang meningkat tajam seiring dengan kemajuan sektor industri, perdagangan dan sektor lainnya serta menumbuhkembangkan dan menanamkan jiwa wirausaha yang tangguh agar dapat bersaing di era globalisasi.

Akademi Pimpinan Perusahaan menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi(KBK) mulai tahun 2004/2005, berdasarkan kerangka dasar dan struktur kurikulum pendidikan tinggi dikembangkan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan (UU No.20 tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 38 ayat 4).

Akademi Pimpinan Perusahaan saat ini menyelenggarakan program pendidikan Diploma Tiga (D3) dengan 5 (lima) Program Studi yaitu, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Produksi, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan dan Perdagangan Internasional. Sesuai dengan visi dan misinya, Akademi Pimpinan Perusahaan senantiasa berkomitmen untuk menghasilkan tenaga professional dalam bidang manajemen industri dan perdagangan serta mampu menciptakan wirausaha yang tangguh

Selamat Datang Di Kampus APP
Direktur,

Drs.Udin Syamsudin, MM

NIP 070011451
Pengumuman

KEUNGGULAN KOMPETITIF
§ Mahasiswa mendapatkan pelatihan AMT (Achievement Motivation Training) yang merupakan bentuk pelatihan untuk meningkatkan motivasi berprestasi
§ Mahasiswa pada Semester VI (Akhir) mendapat pembekalan materi Studium Generale (kuliah umum) seperti : Plant Visit, Diskusi Ilmiah, Seminar, Business Game, Pelatihan Kewirausahaan Model CEFE (Creation of Enterprises through Formation of Entrepreneur), Kuliah Kerja Mahasiswa dan Kerja Praktek/Magang pada perusahaan
§ Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) sesuai dengan kebutuhan dunia kerja
§ Memberikan informasi lowongan kerja melalui kerjasama dengan perusahaan-perusahaan swasta nasional, asing dan BUMN. Informasi lowongan kerja didasarkan pada permintaan perusahaan-perusahaan tersebut terhadap para mahasiswa dan alumni APP.

PROGRAM STUDI YANG DITAWARKAN DAN DAYA TAMPUNG

Menyelenggarakan Program Pendidikan Vokasi Diploma III (D3) dengan 5 (lima) Program Studi, yaitu :

PROGRAM STUDI
DAYA TAMPUNG
1.Manajemen Sumber Daya Manusia : 110
2.Manajemen Produksi : 50
3.Manajemen Pemasaran : 110
4.Manajemen Keuangan : 160
5.Perdagangan Internasional : 100
Menyelenggarakan Program Pendidikan Vokasi Diploma III (D3) Program Studi Manajemen Pemasaran Konsentrasi Kewirausahaan dan Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) yang merupakan program beasiswa dari Departemen Perindustrian RI.
Seluruh Program Studi tersebut telah mendapatkan Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sesuai Surat Keputusan No. 001/BAN-PT/Ak-VI-Dpl-III/IV/2006 dan No. 002/BAN-PT/Ak-VI-Dpl-III/IV/2006.
TENAGA PENGAJAR DAN FASILITAS PENDIDIKAN :
Tenaga Pengajar /Dosen berpendidikan S1, S2, dan S3 dari kalangan akademisi, birokrasi, dan praktisi di bidangnya masing-masing.
FASILITAS PENDIDIKAN :
§ Gedung kuliah berpendingin udara (Full AC)
§ Laboratorium Komputer
§ Laboratorium Bahasa Inggris
§ Perpustakaan
§ Auditorium/ Aula
§ Sarana Olahraga : Lapangan Basket, Volley, Futsal dan Climbing Wall
§ Sarana Penunjang : Mesjid, Koperasi, Kelembagaan Mahasiswa dan CafĂ©/Kantin
§ Mahasiswa dan salah satu orang tua mahasiswa diasuransikan.

PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2010/2011

SYARAT PENDAFTARAN :
1.Membayar uang pendaftaran sebesar Rp 150.000,- (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah) untuk satu program studi yang ditransfer/disetorkan melalui bank BNI terdekat ke nomor rekening 97464120 BNI cabang Margonda Depok atas nama AKADEMI PIMPINAN PERUSAHAAN DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN.

2.Mengisi formulir pendaftaran yang dilengkapi foto ukuran 3 X 4 cm sebanyak 2 lembar dan foto ukuran 2 X 3 cm sebanyak 2 lembar

3.Bagi calon mahasiswa yang menduduki peringkat kelas 1-10 pada setiap semester atau mempunyai prestasi dalam bidang akademik atau bidang lain yang direkomendasikan oleh Kepala SMU/SMK masing-masing dapat mendaftar melalui jalur tanpa test dengan mengikuti Jalur PPKA (Program Penelusuran Kemampuan Akademik) dengan melampirkan foto copy raport semester 1-5 yang telah dilegalisir disertai surat keterangan berprestasi dari Kepala Sekolah

4.Membayar Uang SPP sebesar Rp 4.000.000,- (Empat Juta Rupiah) per Tahun (Pembayaran dilakukan 2 kali, yaitu pembayaran pertama pada saat pendaftaran ulang (registrasi) dan pembayaran kedua pada bulan Januari 2011)

5.Tidak ada pungutan uang gedung, uang SKS dan uang ujian semester.

WAKTU PENDAFTARAN :

Jalur PPKA : 1 Maret s.d 7 Mei 2010

Jalur REGULER :
Gelombang I : 1 Maret s.d 29 Mei 2010

(Ujian Seleksi 31 Mei 2010) (Daftar Ulang 2 - 11 Juni 2010)

Gelombang II : 31 Mei s.d 21 Agustus 2010

(Ujian Seleksi 23 Agustus 2010) (Daftar Ulang 24 - 27 Agustus 2010)

Sumber :www.app-jakarta.ac.id

Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) 2010


STPB (Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung) dahulu dikenal dengan nama NHI (baca : eNHaii) adalah Perguruan Tinggi Kedinasan yang bernaung dibawah Kementerian Kebudayaan & Pariwisata sedang secara teknis akademis dibina oleh Departemen Pendidikan Nasional.
Sebagai sebuah lembaga tinggi milik Pemerintah, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung bertujuan untuk menyiapkan tenaga-tenaga profesional dibidang pariwisata sebagai aset nasional yang berkualitas internasional, kreatif, berjiwa wirausaha berkepribadian Indonesia dan berbudi luhur.
STP Bandung bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun luar di negeri di dalam mengembangkan program-program pendidikannya pada tingkat D-III dan D-IV dan Magister Manajemen Pariwisata.
Program pendidikan yang diselenggarakan di STP Bandung adalah program yang menekankan pada pencapaian keterampilan dari sebuah ilmu. Pencapaian keterampilan tersebut diperkaya dengan Praktik Laboratorium, Studi Lapangan dan Praktek Kerja Nyata.

VISI
Menjadikan Institusi Pendidikan Tinggi Pariwisata Terbaik dan Berdaya Saing Internasional pada tahun 2010.

MISI
Menghasilkan sumber daya manusia pariwisata yang berkualitas dan Profesional.

GRAND STRATEGI
• Membangun SDM yang professional dan berkualitas Internasional dibidang Kepariwisataan
• Membangun organisasi pendidikan yang efektif, efisien dan akuntabel
• Membangun jejaring kerja dengan stakeholders di dalam dan di luar negeri
• Mengembangkan penelitian dan pengabdian dibidang kepariwisataan untuk masyarakat dan industri

Jenjang Pendidikan
Struktur Program
Struktur program pendidikan di STP Bandung Meliputi :
Jurusan HOSPITALITI (d/h MANAJEMEN PERHOTELAN), terdiri dari program studi :
• Administrasi Hotel (ADH) - D.IV - Terakreditasi Peringkat [A] BAN-PT
• Man. Divisi Kamar (MDK) - D.III - Terakreditasi Peringkat [A] BAN-PT
• Man. Tata Hidangan (MTH) - D.III - Terakreditasi Peringkat [A] BAN-PT
• Man. Tata Boga (MTB) - D.III - Terakreditasi Peringkat [A] BAN-PT
• Man. Patiseri (MPI) - D.III - Terakreditasi Peringkat [B] BAN-PT
• Studi Akomodasi & Katering (SAK) - S-1
• Program Khusus :
o Food & Beverage Service - D.I & D.II
o Food Production (Kitchen) - D.1 & D.II
o Food Production (Pastry) - D.1 & D.II
Jurusan KEPARIWISATAAN, terdiri dari program studi :
• Manajemen Destinasi Pariwisata (MDP) - D.IV
• Manajemen Bisnis Pariwisata (MBW) - D.IV
• Studi Destinasi Pariwisata (SDP) - S-1 - Dalam Proses Akreditasi
Jurusan PERJALANAN, terdiri dari program studi :
• Manajemen Bisnis Perjalanan (MBP) - D.IV - Terakreditasi Peringkat [A] BAN-PT
• Manajemen Pengaturan Perjalanan (MPP) - D.IV - Dalam Proses Akreditasi
• Manajemen Bisnis Konvensi (MBK) - D.IV - Dalam Proses Akreditasi
• Studi Industri Perjalanan (SIP) - S-1 - Dalam Proses Akreditasi
________________________________________
Waktu & Beban Studi
Strata-1 (S1)
• Batas waktu studi : 4-7 tahun (8 semester)
• Beban studi : 150 - 160 sks
• Sebutan yang diberikan : Sarjana Pariwisata (S.Par)
Diploma IV
• Batas waktu studi : 4-7 tahun (8 semester)
• Beban studi : 144 - 160 sks
• Sebutan yang diberikan : Sarjana Sains Terapan Pariwisata (SST.Par)
Diploma III
• Batas waktu studi : 3-5 tahun (6 semester)
• Beban studi : 110 - 120 sks
• Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par)
Diploma II
• Batas waktu studi : 2-3 tahun (4 semester)
• Beban studi : 80 sks
Diploma I
• Batas waktu studi : 1-2 tahun (2 semester)
• Beban studi : 40 sks
JADWAL PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2010 / 2011
MAHASISWA BARU (Dipl.1,2,3,4 & S-1)
1 Pendaftaran (Formulir) Informasi, Penjualan & Pengembalian Formulir 5 april sd 2 juli 2010
2 Pendaftaran (Online) Pendaftaran Online & Pembayaran Terakhir 5 april sd 30 juni 2010
3 Penyerahan Persyaratan & Pengambilan No. Ujian 5 april sd 2 juli 2010
4 Penjelasan Sistem Pendidikan STP Bandung 6 juli 2010
5 Ujian Masuk
- Bahasa Inggris 5 juli 2010
- Psikotest 5 juli 2010
- Ujian Lisan dan Pemeriksaan Kesehatan 7 dan 8 juli 2010
6 Pengumuman Hasil Ujian 24 juli 2010
7 Registrasi 26-30 juli 2010
8 Pembinaan Disiplin & Sikap Profesi 2 – 6 agustus 2010
9 Permulaan Kuliah (Program Agustus 2010) 9 agustus 2010

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung(STPB), Bandung, Jawa Barat
Alamat: Jl. Dr. Setiabudhi 186, Bandung 40141, Jawa Barat.
Telepon: (022) 2011456, 2011932.
Faks.: (022) 2012097.
Website: www.stp-bandung.ac.id.

Penerimaan Mahasiswa Baru Akademi Teknologi Kulit Tahun Ajaran 2010/2011


PENGUMUMAN
PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU TAHUN AJARAN 2010/2011

NO: 023/PENG/ SJ-IND.6.7/10/ 2009


Dalam rangka mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan profesional di bidang kulit dan produk kulit serta industri yang terkait, Akademi Teknologi Kulit (Perguruan Tinggi Kedinasan dibawah Departemen Perindustrian Republik Indonesia), pada Tahun Ajaran 2010/2011 menerima pendaftaran Calon Mahasiswa Baru dengan Program Studi:
1. Teknologi Bahan Kulit, Karet dan Plastik (TBKKP)
2. Teknologi Pengolahan Kulit (TPK)
3. Desain dan Teknologi Sepatu (DTS)
4. Desain dan Teknologi Produk Kulit (DTPK)
A. PENERIMAAN CALON MAHASISWA

1. JALUR BEBAS TES (PMDK)
Diperuntukkan bagi siswa - siswi yang telah berprestasi (pernah menduduki peringkat antara 1 s/d 10).
PERSYARATAN
a. Surat pengantar pernah menduduki 10 besar dari Kepala Sekolah
b. Foto copy raport yang telah dilegalisir sebanyak 1 (satu) lembar
c. Menyerahkan Pas Photo hitam putih ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar
d. Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 80.000,- (delapan puluh ribu rupiah)
e. Penyerahan berkas mulai tanggal 1 Februari 2010 sampai dengan tanggal 31 Maret 2010.
f. Pengumuman yang dinyatakan Lulus seleksi tanggal 5 April 2010, dapat dilihat di website www.atk.ac.id
2. JALUR TEST
PERSYARATAN
a. Foto copy STTB/Ijazah yang telah dilegalisir sebanyak 1 (satu) lembar
b. Menyerahkan Pas Photo hitam putih ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar
c. Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 80.000,- (delapan puluh ribu rupiah)
B. PILIHAN JURUSAN
1. Lulusan Jurusan IPA dapat memilih salah satu diantara 4 (empat) Program Studi yang ada
2. Lulusan Jurusan IPS, BAHASA dan Lulusan SMK dapat memilih salah satu diantara 2 (dua) Program Studi Desain yang ada ((Desain Teknologi Sepatu atau Desain Teknologi Produk Kulit)
C. WAKTU PENDAFTARAN :
KETERANGAN WAKTU PENGUMUMAN TEMPAT PENGUMUMAN
Jalur PMDK 1 Februari – 31 Maret 2010 5 April 2010 Kampus 2 dan website : www.atk.ac.id
Jalur Tes Gelombang I 1 Februari – 31 Maret 2010 5 April 2010 Kampus 2 dan website : www.atk.ac.id
Jalur Tes Gelombang II 1 April – 31 Mei 2010 2 Juni 2010 Kampus 2 dan website : www.atk.ac.id
Jalur Tes Gelombang III 1 Juni – 20 Juli 2010 22 Juni 2010 Kampus 2 dan website : www.atk.ac.id
D. TEMPAT PENDAFTARAN
1. Kampus 2 Akademi Teknologi Kulit (ATK), Jl. Ring Road Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta 55188
Telp/Faks. : (0274) 383727
2. Pendaftaran secara kolektif melalui sekolah
3. Pendaftaran online melalui website www.atk.ac.id
E. BIAYA PENDIDIKAN

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2007 tertanggal 16 Nopember 2007 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Departemen Perindustrian, serta rapat Pimpinan ATK, ditetapkan bahwa Biaya Pendidikan untuk Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2010/2011 adalah sebagai berikut:
No Semester Rincian Biaya Pendidikan
1 I Rp. 2.500.000,- (Dua Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
2 II Rp. 1.400.000,- (Satu Juta Empat Ratus Ribu Rupiah)
3 III Rp. 1.400.000,- (Satu Juta Empat Ratus Ribu Rupiah)
4 IV Rp. 1.400.000,- (Satu Juta Empat Ratus Ribu Rupiah)
5 V Rp. 1.400.000,- (Satu Juta Empat Ratus Ribu Rupiah)
6 VI Rp. 1.400.000,- (Satu Juta Empat Ratus Ribu Rupiah)
Jumlah Rp. 9.500.000,- (Sembilan Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
biaya di atas tidak termasuk biaya wisuda.
Informasi selanjutnya dapat menghubungi Sekretariat Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru.
Email : info@atk.ac.id
Yogyakarta, 20 Oktober 2009
DIREKTUR


Ir. Cahaya Widiyati, M.Kes
NIP. 090019251

Selasa, 25 Mei 2010

Penerimaan Mahasiswa Baru SEKOLAH TINGGI KESEJAHTERAAN SOSIAL BANDUNG


KEMENTERIAN SOSIAL RI
SEKOLAH TINGGI KESEJAHTERAAN SOSIAL BANDUNG
PROGRAM PENDIDIKAN DIPLOMA IV

Jl. Ir. H. Juanda No. 367 Bandung 40135
Telp. (022) 2504838 / 2516583 Fax. (022) 2502962


Profil
Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung
merupakan Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan di bawah
Kementerian Sosial RI yang menyelenggarakan Pendidikan
Diploma IV Pekerjaan Sosial dengan Akreditasi A
berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional
(BAN) Perguruan Tinggi Nomor: 005/BAN-PT/Ak-II/Dipl-
IV/XII/2005.
Tujuan penyelenggaraan pendidikan di STKS adalah untuk
menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi profesional
dalam Ilmu dan Teknologi Pekerjaan Sosial.
Sejak berdiri tahun 1959 sampai dengan tahun 2009, STKS
Bandung telah menghasilkan lulusan sebanyak 10.793
orang lulusan yang tersebar diberbagai instansi Pemerintah,
swasta maupun lembaga-lembaga internasional (UNHCR,
UN-OCHA, UNDP, UNICEF, World Bank dll.).
Jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) yang harus ditempuh
adalah sebanyak 145 SKS yang tersebar dalam 8 semester.
Dosen STKS Bandung terdiri dari dosen tetap sebanyak 70
orang, yang memiliki keahlian dan pengalaman di bidang
Pekerjaan Sosial, Kesejahteraan Sosial dan Ilmu-ilmu Sosial
lainnya serta dosen tidak tetap yang berasal dari Perguruan
Tinggi lain dengan kualifikasi pendidikan S-2 dan S-3.
Kurikulum
Jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) yang harus ditempuh
adalah sebanyak 145 SKS yang tersebar dalam 8 semester.
Dosen STKS Bandung terdiri dari dosen tetap sebanyak 70
orang, yang memiliki keahlian dan pengalaman di bidang
Pekerjaan Sosial, Kesejahteraan Sosial dan Ilmu-ilmu Sosial
lainnya serta dosen tidak tetap yang berasal dari Perguruan
Tinggi lain dengan kualifikasi pendidikan S-2 dan S-3.

Dosen

Dosen STKS Bandung terdiri dari dosen tetap sebanyak 70
orang, yang memiliki keahlian dan pengalaman di bidang
Pekerjaan Sosial, Kesejahteraan Sosial dan Ilmu-ilmu Sosial
lainnya serta dosen tidak tetap yang berasal dari Perguruan
Tinggi lain dengan kualifikasi pendidikan S-2 dan S-3.

Calon Mahasiswa

A. Calon mahasiswa Tugas Belajar yang berasal dari
CPNS/PNS:
1. Kementerian Sosial.
2. Pemerintah Provinsi, Kota dan Kabupaten.
3. Instansi Pemerintah lainnya.
B. Calon mahasiswa yang berstatus Ikatan Dinas
Pemerintah Daerah.
C. Calon mahasiswa yang dibiayai oleh LSM, Yayasan,
Orsos dan Panti Swasta.
D. Calon mahasiswa Penerima Bantuan Pendidikan dari
SMA/SMK Bidang Keahlian Pekerjaan Sosial yang
berprestasi (NEM) lulusan 2 tahun terakhir.

Syarat Pendaftaran

Persyaratan bagi calon mahasiswa dari:
A. Lulusan SLTA
B. Sarjana Muda / Diploma III Pekerjaan Sosial /
Kesejahteraan Sosial.
C. Mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan:
1. Fotocopy ijazah/STTB yang telah disyahkan sebanyak
1 (satu) lembar.
2. Fotocopy SK pertama dan terakhir yang telah
disyahkan, bagi PNS/CPNS.
3. Surat izin/rekomendasi dari Atasan/Pimpinan
4. Surat izin suami/istri bagi yang sudah berkeluarga
5. Pas foto terbaru dengan latar warna ,
- Ukuran 2x3 sebanyak 2 (dua) lembar.
- Ukuran 3x4 sebanyak 2 (dua) lembar.
6. Surat keterangan sehat dari dokter / rumah sakit
pemerintah.
7. Bukti Pembayaran Pendaftaran Ujian Masuk Rp.100.000,-
MERAH
melalui Bank BNI Cabang UNPAD Bandung
a.n. : Bendahara Penerimaan STKS Bandung
No. Rek : 0120074883

Waktu & Tempat Pendaftaran

A. Waktu Pendaftaran:
Tanggal 04 Mei s.d 18 Juni 2010.
B. Tempat Pendaftaran dan Lokasi Ujian:
1. Biro Organisasi dan Kepegawaian
Kementerian Sosial RI,
Jl. Salemba Raya No.28 Jakarta Pusat
Telp./Fax. (021) 3144321.
2. Kampus STKS Bandung,
Jl. Ir. H. Juanda No.367 Bandung
Telp. (022) 2504838-2516583 Ext.141
Fax. (022) 2502962.
3. Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan
Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta,
Jl. Purwomartani Kalasan - Sleman Yogyakarta
Telp/ Fax. (0274) 496925.
4. Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan
Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Padang,
Jl. Alai Kelurahan Katalokoto, Kecamatan Pauh -
Padang, Telp. (0751) 74447 Fax. (0751) 74035.
5. Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan
Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Banjarmasin,
Jl. Batu Besar No.9 Banjarmasin
Telp. (0511) 3353209, 3353015
Fax. (0511) 4417162.
6. Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan
Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Makassar,
Jl. Perintis Kemerdekaan Km.9 - Tamalanrea
Makassar Telp/Fax. (0411) 584057.
7. Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan
Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Jayapura,
Jl. Gerilyawan No.135 Abepura Jayapura
Telp. (0967) 588172 Fax. (0967) 581144.
8. Panti Sosial Bina Grahita Nepotowe Palu,
Jl. Towua No.134 Kalukubula Palu
Telp./Fax. (0451) 481566.
9. Lokasi lain yang ditetapkan Panitia.

Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir


Penerimaan Mahasiswa Baru STTN Program Tes Masuk 2010

PENGUMUMAN
Nomor : 540/DL 02/III/2010

Diumumkan kepada siswa lulusan SMA/MAN (program IPA)/SMK (Mesin, Listrik, Otomotif, Elektronika dan Kimia), bahwa Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir Yogyakarta menerima pendaftaran Mahasiswa Baru non ikatan dinas Program Tes Masuk, dengan ketentuan sebagai berikut :

Syarat Pendaftaran :

1. Warga negara Indonesia, usia maksimum 22 tahun atau warga negara Asing yang telah memperoleh izin belajar dari Mendiknas.
2. Membayar beaya pendaftaran sebesar Rp 60.000,-
3. Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran kepada petugas pendaftaran.
4. Menyerahkan pas foto terbaru ukuran 3x4 sebanyak 2 (dua) lembar.
5. Menyerahkan satu lembar foto kopi ijazah/STTB/tanda lulus yang telah disahkan.

Waktu Pendaftaran : 17 Mei s/d 30 Juni 2010

Tempat Pendaftaran/Tempat Ujian/Tempat Pengumuman :

1. Kampus STTN-BATAN
Jl. Babarsari Kotak Pos 6101, Telp. (0274) 484085, Yogyakarta 55281

2. PUSDIKLAT-BATAN
Jl. Lebak Bulus Raya No. 49, Telp. (021) 7659409, Pasar Jum'at, Jakarta Selatan

3. PTNBR-BATAN
Jl. Tamansari No. 71, Tep. (022) 2504898, Bandung 40132

Pelaksanaan Ujian :

* Hari, tanggal : Jum'at, 2 Juli 2010
* Pukul : 09.00 s/d 11.00 WIB
* Materi Ujian : Matematika, Fisika, Kimia, dan Bahasa Inggris
* Pengumuman : 9 Juli 2010

Bagi yang diterima diwajibkan daftar ulang mulai tanggal : 9 s/d 30 Juli 2010 dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Membayar beaya pendidikan (SPP dan SKS) untuk semester 1 (satu) tahun Akademik 2010/2011 dan uang sarana prasarana ke Subbag. Keuangan STTN
2. Membayar beaya kegiatan kemahasiswaan (orientasi, jaket, almamater, pakaian praktikum, dll) ke BEM-STTN.
3. Menyerahkan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).
4. Menyerahkan surat keterangan bebas narkoba.
5. Menyerahkan pas foto berwarna (dasar biru) ukuran 3x4 sebanyak 2 (dua) lembar.
6. Pemeriksaan kesehatan oleh dokter STTN, yang menyatakan : sehat jasmani, tidak cacat fisik dan tidak buta warna. (bagi calon kemahasiswaan yang tidak lolos tes kesehatan, uang yang sudah dibayarkan akan dikembalikan).

Keterangan Tambahan :

1. Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir memiliki 3 (tiga) Program Studi yaitu Teknokimia, Elektronika Instrumentasi, dan Elektromekanik, dengan daya tampung total 75 orang.
2. Fasilitas pendidikan yang tersedia :
* Memperoleh bantuan pendidikan sebesar Rp 50.000,- per bulan.
* Memperoleh bahan pakaian seragam kuliah 1 stel per tahun.
* Ruang kuliah ber-AC, laboratorium, internet, poliklinik, perpustakaan, dsb.
* Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) : Kerokhanian, Musik/Band, Pecinta Alam, Basket, Sepakbola, Buletin Mahasiswa, dsb.
* Diberi kesempatan memperoleh lisensi SIB-PPR (surat izin bekerja sebagai petugas proteksi radiasi).
3. Keterangan lebih lanjut hubungi Subbagian Kemahasiswaan dan Alumni, Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir Yogyakarta, Telp. (0274) 484085, setiap hari kerja Senin s/d Jumat, pukul 07.30-16.00 WIB atau melalui web site : http://www.sttn-batan.ac.id atau email: pmb@sttn-batan.ac.id



Yogyakarta, 25 Maret 2010
KETUA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NUKLIR

ttd

Prof. Dr. KRIS TRI BASUKI
NIP : 19560213 198110 1 001

Penerimaan Mahasiswa Baru 2010 di Sekolah Tinggi Sandi Negara


Sekolah Tinggi Sandi Negara
Jl. Raya Haji Usa, Desa Putat Nutug, Ciseeng, Bogor - Jawa Barat 16330
Telp. (0251) 8541742, 8541754
Faks. (0251) 8541720
E-mail :spmb2010@stsn-nci.ac.id
Website:www.stsn-nci.ac.id
Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru 2010
Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) adalah perguruan tinggi kedinasan yang diselenggarakan oleh Lembaga Sandi Negara berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2003 Tentang Pendirian Sekolah Tinggi Sandi Negara. Pada Tahun Akademik 2010/2011 STSN membuka kesempatan kepada putra dan putri Warga Negara Indonesia untuk menjadi mahasiswa ikatan dinas, dimana setelah lulus akan diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
STSN menerapkan pendidikan dengan sistem paket yang dinyatakan dalam Satuan Kredit Semester (SKS). Beban studi yang harus diselesaikan adalah 146 SKS dan ditempuh selama 4 tahun. STSN mempunyai 2 (dua) Program Studi yaitu Program Studi Teknik Persandian dan Program Studi Manajemen Persandian.
Program Studi Teknik Persandian memiliki 2 (dua) bidang minat yaitu Teknik Kripto dan Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi.
Pendaftaran dimulai tanggal 18 Mei 2010 dan ditutup tanggal 26 Mei 2010 pada pukul 16.00 WIB
Peserta yang berhak melakukan registrasi ulang untuk melaksanakan Seleksi Tahap I adalah

SYARAT PENDAFTARAN
PERSYARATAN UMUM
1. Warga Negara Indonesia
2. Sehat jasmani dan rohani, serta tidak cacat fisik, tidak buta warna dan tidak menggunakan narkoba.
3. Lulus SMA jurusan IPA atau Madrasah Aliyah jurusan IPA.
4. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7 (tujuh) pada kelas XII semester 1 dan 2.
5. Umur tidak lebih dari 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 1 Oktober 2010.
6. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Sekolah Tinggi Sandi Negara.
7. Tidak sedang menjalani Ikatan Dinas dengan Instansi lain.
8. Bersedia mematuhi peraturan STSN.
9. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID).
PERSYARATAN SELEKSI ADMINISTRASI
Peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Tahap I - Test Akademik, mendaftar ulang dan menyerahkan sendiri berkas kelengkapan pendaftaran langsung ke Kampus STSN untuk seleksi administrasi.
Lihat PROSEDUR PENDAFTARAN untuk mendapatkan informasi tahapan menuju seleksi administrasi.
1. Bukti Pendaftaran Online (hasil cetak Formulir Pendaftaran Mahasiswa Baru STSN Tahun 2010 dan Kartu Peserta Seleksi).
2. Surat lamaran yang ditujukan kepada Ketua Sekolah Tinggi Sandi Negara ditulis tangan dengan tinta hitam, bermaterai Rp. 6.000,-.
3. Fotocopy ijazah terakhir dan transkrip Nilai Ujian Nasional (NUN) yang telah dilegalisir
4. Fotocopy rapor kelas XII semester 1 dan 2 yang telah dilegalisir.
5. SKCK dari Kepolisian setempat.
6. Surat keterangan sehat dari dokter Pemerintah dan surat keterangan tidak buta warna dari dokter spesialis.
7. Surat keterangan belum menikah yang diketahui oleh Lurah/Kepala Desa setempat.
8. Surat pernyataan yang ditandatangani oleh peserta dan diketahui oleh orang tua/wali yang menyatakan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan dan sanggup mengganti biaya pendidikan apabila melanggar pernyataan, bermaterai Rp. 6.000,-.
9. Fotocopy kartu identitas berfoto seperti KTP atau SIM atau Kartu Asuransi atau Kartu Pelajar.
10. Pas foto berwarna terbaru (3 bulan terakhir) ukuran 4x6 dengan latar belakang berwarna merah sebanyak 4 (empat)
PROSEDUR PENDAFTARAN

Prosedur Pendaftaran
Proses pendaftaran calon peserta SPMB STSN terdiri dari 8 tahap, yaitu :
1. Pendaftaran Online
Calon Peserta mengakses website STSN di alamat www.stsn-nci.ac.id dan kemudian mengisi Formulir Pendaftaran Mahasiswa Baru STSN Tahun 2010 secara online. Disini calon peserta mengisi biodata diri, biodata orang tua/wali, mengupload pas foto ukuran 4x3. Setelah melakukan pengisian formulir pendaftaran calon peserta dapat mendownload dan mencetak Formulir Pendaftaran Mahasiswa Baru STSN Tahun 2010 dan Kartu Peserta Seleksi.
PENDAFTARAN ONLINE
18 s.d. 26 Mei 2010
Pendaftaran ditutup 26 Mei 2010, pukul 16.00 WIB
2. Registrasi Ulang
Calon Peserta melakukan registrasi ulang di Kampus STSN dengan membawa hasil cetak Formulir Pendaftaran Mahasiswa Baru STSN Tahun 2010, Kartu Peserta Seleksi dan pas foto berwarna terbaru (3 bulan terakhir) ukuran 4x6 dengan latar belakang berwarna merah sebanyak 2 (dua) lembar . Pada saat melakukan registrasi ulang, panitia akan memberikan stempel panitia pada hasil cetak Formulir Pendaftaran Mahasiswa Baru STSN Tahun 2010 dan Kartu Peserta Seleksi.
REGISTRASI ULANG
Registrasi ulang dilaksanakan di Kampus Sekolah Tinggi Sandi Negara
pada tanggal 27, 31 Mei 2010 dan 1 Juni 2010
pukul 09.00 s.d. 16.00 WIB
Pendaftar yang berhak melakukan Registrasi Ulang adalah
2.000 orang Pendaftar pertama.
Jadwal Registrasi Ulang
No Nomor Peserta Tanggal Registrasi Ulang
1 1000001 - 1000700 27 Mei 2010
2 1000701 - 1001400 31 Mei 2010
3 1001401 - 1002000 1 Juni 2010

3. Seleksi Tahap I – Tes Akademik
Peserta melakukan ujian tertulis dengan materi Tes Potensi Akademik, Matematika Dasar, Bahasa Inggris, dan Fisika.
4. Seleksi Tahap II – Seleksi Administrasi
Peserta yang telah lulus Seleksi Tahap I – Tes Akademik, menyerahkan berkas kelengkapan pendaftaran ke Kampus STSN untuk verifikasi data peserta. Berkas yang harus diserahkan adalah sebagai berikut :
a. Bukti Pendaftaran Online (hasil cetak Formulir Pendaftaran Mahasiswa Baru STSN Tahun 2010 dan Kartu Peserta Seleksi).
b. Surat lamaran yang ditujukan kepada Ketua Sekolah Tinggi Sandi Negara ditulis tangan dengan tinta hitam, bermaterai Rp. 6.000,-.
c. Fotocopy ijazah terakhir dan transkrip Nilai Ujian Nasional (NUN) yang telah dilegalisir.
d. Fotocopy rapor kelas XII semester 1 dan 2 yang telah dilegalisir.
e. SKCK dari Kepolisian setempat.
f. Surat keterangan sehat dari dokter Pemerintah dan surat keterangan tidak buta warna dari dokter spesialis.
g. Surat keterangan belum menikah yang diketahui oleh Lurah/Kepala Desa setempat.
h. Surat pernyataan yang ditandatangani oleh peserta dan diketahui oleh orang tua/wali yang menyatakan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan dan sanggup mengganti biaya pendidikan apabila melanggar pernyataan, bermaterai Rp. 6.000,-. (contoh surat klik disini)
i. Fotocopy kartu identitas berfoto seperti KTP atau SIM atau Kartu Asuransi atau Kartu Pelajar.
j. Pas foto berwarna terbaru (3 bulan terakhir) ukuran 4x6 dengan latar belakang berwarna merah sebanyak 4 (empat) lembar.

5. Seleksi Tahap III – Psikotes
6. Seleksi Tahap IV – Tes Kesehatan dan Tes Kebugaran
7. Seleksi Tahap V – Wawancara
8. Seleksi Tahap VI – Pantukhir

Peserta yang telah dinyatakan lulus Seleksi Tahap VI - Pantukhir dan kemudian mengundurkan diri akan dikenakan penggantian biaya proses SPMB STSN Tahun 2010 sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Penerimaan Taruna Baru Akademi Meteorologi dan Geofisika


P E N G U M U M A N
No. 152/DL.004/IV/AMG-2010
TENTANG :
PENERIMAAN TARUNA BARU
AKADEMI METEOROLOGI DAN GEOFISIKA TAHUN AKADEMIK 2010/2011

Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG), pada Tahun Akademik 2010/2011 menerima para pemuda/pemudi Warga
Negara Indonesia untuk dididik menjadi Taruna Akademi Meteorologi dan Geofisika dengan ketentuan sebagai berikut :
A. PROGRAM / JURUSAN.
Program Diploma III jurusan Meteorologi, Program Diploma III jurusan Geofisika dan Program Diploma III jurusan
Instrumentasi dan Program Diploma III Jurusan Klimatologi. Berikatan dinas dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan
Geofisika (BMKG), tidak diasramakan. Pendidikan dilaksanakan dalam 6 (enam) semester dengan Praktek Kerja di stasiun
BMKG di seluruh Indonesia.
�� Tahun pertama : Kuliah semester I dan II
�� Tahun kedua : Praktek kerja di stasiun BMKG
�� Tahun ketiga : Kuliah semester III dan IV
�� Tahun keempat : Kuliah semester V dan VI
B. PERSYARATAN CALON TARUNA:
1. Pria/Wanita, warga negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna.
2. Umur tidak kurang dari 17 tahun dan tidak lebih dari 23 tahun pada tanggal 1 September 2010.
3. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
4. Bebas narkoba sebelum dan selama pendidikan.
5. Lulus atau akan Lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA, atau SMK jurusan Teknik Elektro, Teknik Elektronika,
Teknik Telekomunikasi atau Teknik Komputer untuk program D-III jurusan Instrumentasi.
6. Rata-rata nilai Fisika, Matematika dan Bhs. Inggris pada dua semester terakhir SMA/MA/SMK minimal 70.0 dan tidak
ada nilai dibawah 65 (skala 100) pada masing-masing mata pelajaran tersebut .
7. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
8. Tinggi badan minimal 165 cm untuk pria, dan 155 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
9. Sanggup bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika selama minimal 5 ( lima ) tahun sejak dinyatakan
lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan dimana saja di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
C. TATACARA PENDAFTARAN :
1. Pendaftaran hanya dapat dilakukan apabila calon memenuhi semua persyaratan pada butir (B) diatas.
2. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi Formulir Pendaftaran yang disediakan di tempat pendaftaran. Datang sendiri
ke tempat pendaftaran ( tidak dapat diwakilkan ). Berpakaian rapi, sopan dan bersepatu.
3. Formulir Pendaftaran ditanda-tangani oleh calon, dan dikembalikan ke tempat pendaftaran sebelum masa pendaftaran
ditutup. Panitia tidak dapat lagi menerima Formulir Pendaftaran jika masa pendaftaran telah ditutup.
4. Formulir Pendaftaran dilampiri dengan :
a. Fotokopi Surat Tanda Kelulusan (STK) yang telah dilegalisir, atau Surat Keterangan yang menyatakan masih
duduk di klas XII SMA/MA/SMK,
b. Fotokopi Rapor Klas XI semester 2, dan Klas XII semester 1 bagi calon yang akan lulus pada tahun 2010.
c. Fotokopi Rapor Klas XII semester 1 dan semester 2 bagi calon yang lulus sebelum tahun 2010.
d. Resi asli uang pendaftaran sebesar Rp. 100.000,- ( seratus ribu rupiah ) yang disetorkan ke rekening Bendahara
AMG pada Bank BNI Cabang Gambir No. Rekening 001.995.1819.
e. Pas foto berwarna 3 x 4 sebanyak 2 (dua) lembar.
D. TEMPAT PENDAFTARAN DAN LOKASI TEST :
1. Akademi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika : Jl. Perhubungan I No. 5, Komplek Meteorologi Dep Hub, Pondok
Betung, Bintaro, Tangerang, 15221, Telp. 021-73691621-23.
2. Balai Besar Meteorologi dan Geofisika Wilayah I : Jl. Ngumban Surbakti No.15 Selayang II, Medan. Telp. 061-8222877,
8222878.
3. Stasiun Meteorologi Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Telp. 0711-430274, Fax 0711-430015.
4. Stasiun Meteorologi Bandara Tabing, Padang. Telp. 0751-819105
5. Stasiun Meteorologi Bandara Juanda, Surabaya, Telp. 031-8667540 psw 103. Fax 031-8675342
BMKG
6. Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III : Jl. Raya Tuban, Denpasar. Telp. 0361-751122.
Fax 0361-757975
7. Stasiun Meteorologi Bandara Supadio, Jl. Adi Sucipto Km 17, Pontianak. Telp. 0561-721142. Fax 0561-725127
8. Stasiun Meteorologi Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin. Telp. 0511-4705198 Fax 0511-470509.
9. Stasiun Meteorologi Bandara Sepinggan, Jl. Marsma R. Iswahyudi No. 3, Balikpapan. Telp. 0542-762360, 764054.
10. Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV, Jl. Racing Centre No.4 Panaikang, Makassar.
Telp. 0411-449243. Fax 0411-455019
11. Stasiun Meteorologi Bandara Mutiara, Jl. Abdurahman Saleh, Biroboli, Palu. Telp. 0451-482172. Fax 0451-482802
12. Stasiun Geofisika Winangun, Jl. Harapan Winangun, Manado. Telp. 0431-823342. Fax 0431-836060.
13. Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Jl. Jend. Sudirman No. 158, Kendari, Telp. 0401-328528.
14. Stasiun Meteorologi Bandara Babullah, Jl. Bandara Babullah, Ternate. Telp. 0921-3312292,3127902 Fax. 3110430.
15. Stasiun Geofisika Karangpanjang, Jl. AIS Nasution No. 8, Ambon. Telp. 0911-353191-354931 Fax 826205
16. Stasiun Geofisika Kupang, Jl. Cak Doko No. 70, Kupang. Telp.0380-821608-826006.
17. Balai Besar Meteorologi dan Geofisika Wilayah V, Jl. Raya Abepura Entrop, Jayapura. Telp. 0967- 535419 Fax 535418.
18. Stasiun Meteorologi Bandara Mopah, Jl. Bandara Mopah, Merauke, Telp. 0971-321774
19. Stasiun Meteorologi Rendani, Jl. Trikora Rendani No. 2, Manokwari, Telp. 0986-212435
E. JENIS SELEKSI :
1. Seleksi Administrasi berkas pendaftaran .
2. Seleksi Akademik berupa Test Potensi Akademik bidang Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris dan Test Bakat
Skolastik bidang kemampuan verbal, kuantitatip dan penalaran.
3. Seleksi Kesehatan.
4. Seleksi Wawancara/Psikotest.
Kelulusan calon taruna ditentukan pada setiap tahapan seleksi.
F. DATA ADIMINSTRASI :
1. Bagi calon yang dinyatakan lulus pada seluruh tahapan seleksi, kepada yang bersangkutan diminta untuk mendaftar
ulang di AMG dengan menyerahkan berkas administrasi lengkap, yaitu :
1. Ijazah / STTB asli dan 3 lembar fotokopi yang telah dilegalisir.
2. Fotokopi akta kelahiran,
3. Asli Surat keterangan belum menikah dari Kantor Kelurahan setempat,
4. Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan Surat Keterangan Bebas Narkoba.
5. Surat pernyataan bermaterai yang ditanda-tangani calon dan diketahui orang tua / wali tentang belum
menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan,
6. Surat pernyataan bermaterai yang ditanda-tangani calon dan diketahui orang tua / wali tentang kesanggupan
bekerja di BMKG dan sanggup ditempatkan dimana saja dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Apabila ternyata ditemukan data dan atau keterangan yang tidak sesuai dengan syarat yang ditentukan sebagai calon
taruna, maka calon yang bersangkutan dinyatakan gugur.
G. LAIN – LAIN :
1. Pendaftaran dilaksanakan tanggal 19 April 2010 sampai dengan 27 Mei 2010.
2. Seleksi Akademik dilaksanakan pada Senin, 14 Juni 2010 secara serentak di seluruh lokasi test. Peserta test
diharuskan melihat detil lokasi test di tempat pendaftaran, atau di web AMG ( http://amg.ac.id )
3. Seleksi Kesehatan dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Daerah setempat setelah calon taruna dinyatakan lulus Seleksi
Akademik. Biaya Test Kesehatan ditanggung calon taruna dan disetorkan secara langsung ke RSUD tempat Test
Kesehatan. Untuk peserta dengan lokasi Test Akademik di AMG Jakarta, Test Kesehatan dilakukan di Poliklinik AMG
Jakarta dengan biaya ditanggung calon taruna.
4. Wawancara / Psikotest dilaksanakan setelah calon taruna dinyatakan lulus Test Kesehatan.
5. Tidak diadakan surat menyurat antara calon taruna dengan Panitia SIPENCATAR AMG.
6. Hasil-hasil Seleksi akan diumumkan di AMG, Kantor Pusat BMKG Jakarta, di tempat pendaftaran, di web AMG
(http://amg.ac.id, dan di web BMKG ( http://www.bmg.go.id )
7. Uang pendaftaran dan semua berkas pendaftaran tidak dapat ditarik kembali untuk alasan apapun.
8. Keputusan Panitia Seleksi pada setiap tahapan bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
Tengerang, 19 April 2010
Panitia Sipencatar
Akademi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Senin, 24 Mei 2010

Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Perikanan Tahun 2010


Penerimaan Taruna STP Tahun 2010
PENGUMUMAN PENERIMAAN TARUNA BARU PROGRAM DIPLOMA IV
SEKOLAH TINGGI PERIKANAN TAHUN 2010
Nomor : 001/PENTARU/PENG/IV/2010k

Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta memanggil putra-putri terbaik Indonesia untuk dididik sebagai Taruna Program Diploma IV menjadi ahli kelautan dan perikanan. Biaya selama pendidikan (asrama, konsumsi, perkuliahan/praktikum, dll) sebagian besar ditanggung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Pilihan Program Studi terdiri atas : Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan (TPI), Program Studi Permesinan Perikanan (MP), Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPH), Program Studi Teknologi Akuakultur (TAK), Program Studi Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan (TPS) dan Program Studi Penyuluhan Perikanan (PP).
PERSYARATAN PESERTA
Calon dari Umum
• Berijazah SMA/MAN (IPA/IPS), SUPM dan SMK (Bidang/Program Studi Perikanan, Kelautan, Maritim, Pelayaran, Mesin Otomotif, Listrik, Industri)
• Umur tidak lebih 22 tahun pada tanggal 31 Agustus 2010
• Belum pernah menikah.
• Tinggi badan minimum 160 cm (Putra) dan 150 cm (Putri), dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
• Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental serta tidak buta warna.
• Berkelakuan baik.
Calon dari Pegawai Negeri Sipil (PNS)
• Berijazah SMA/MAN (IPA/IPS), SUPM dan SMK (Bidang/Program Studi Perikanan, Kelautan, Maritim, Pelayaran, Mesin Otomotif, Listrik, Industri)
• Umur tidak lebih 30 tahun pada tanggal 31 Agustus 2010
• Tinggi badan minimum 160 cm (Putra) dan 150 cm (Putri), dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
• Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, tidak buta warna serta tidak hamil selama pendidikan.
• Masa kerja sebagai PNS minimum 2 tahun.
• Mendapat ijin dari pimpinan instansi/unit kerja.
• Nilai Daftar Penilaian Prestasi Pegawai (DP3) tahun terakhir rata-rata dalam kriteria baik.
Catatan:
• Program Studi TPI dan MP pesertanya khusus putra dan tidak berkaca mata/lensa kontak
• Program studi pilihan bagi calon dari SUPM dan SMK disesuaikan dengan program keahliannya.
PROSEDUR PENDAFTARAN
Pendaftaran dilakukan secara langsung dengan mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan :
• 1 lembar copy Ijazah/STTB/Surat Tanda Lulus yang disahkan oleh Kepala Sekolah;
• 2 lembar pas photo terbaru ukuran 4 x 6 cm (berwarna);
• 1 lembar copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian dengan menunjukkan aslinya;
• 1 lembar copy Surat Keterangan Belum Menikah dari Kepala Desa/Lurah dengan menunjukkan aslinya (calon dari umum);
• 1 lembar copy Kartu Keluarga;
• Surat ijin belajar dari pimpinan instansi/unit kerja, copy DP3 terakhir dan copy SK Kepegawaian terakhir (calon dari PNS)
• Uang Pendaftaran Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) ditransfer ke Rekening Bendahara Penerimaan STP (Nomor Rekening 0147374582), Bank BNI 46 Cabang Fatmawati Jakarta.
WAKTU PENDAFTARAN
Waktu pendaftaran tanggal 26 April s/d 12 Juni 2010 untuk wilayah Jakarta dan 26 April s/d 7 Juni 2010 untuk yang mendaftar di Rayon/Daerah.
TEMPAT PENDAFTARAN
1. Jakarta: Kampus Sekolah Tinggi Perikanan, Jl. AUP Pasar Minggu RT 001/09 Kelurahan Pasar Minggu Jakarta Selatan.
2. Nangroe Aceh Darussalam: Biro Keistimewaan Aceh, Jl. T. Nyak Arief No.219, Banda Aceh.
3. Batubara: SMK Negeri 1 Talawi, Jl. Perintis Kemerdekaan No. 73 Mesjid Lama, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara 21254.
4. Asahan: Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Asahan, Jl. Prof. H.M. Yamin, SH No. 6 Kisaran 21224 Sumatera Utara
5. Padang Lawas Utara: Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara, Jl. Sipirok Gunungtua.
6. Tapanuli Selatan: Kantor Informatika dan Pengelolaan Data Elektronik, Jl. Willem Iskandar No. 4 Padangsidimpuan 22715
7. Tapanuli Tengah: Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, Jl. DR. F. Lumbantobing No.18 Pandan 22611, Sumatera Utara.
8. Jambi: Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jambi, Jl. Jenderal A. Yani No.1, Jambi.
9. Kepahiang: Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kepahiang, Komplek Perkantoran Kabupaten Kepahiang, Jl. Raya Kepahiang Curug, Kepahiang
10. Belitung Timur: Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Jl. Raya Gantung, Dusun Mengerawan, Desa Padang Manggar, Belitung Timur
11. Batam: Pemerintah Kota Batam Sekretariat Daerah, Jl. Engku Putri No.1, Batam.
12. Bengkalis: Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkalis, Jl. Pertanian No.4 Bengkalis. Riau.
13. Pontianak: Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat, Jl. Sutan Syahrir 16, Pontianak.
14. Mataram: Dinas Perikanan dan Kelautan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jl. Udayana Nomor 3, Mataram
15. Ngada : Pemerintah Kabupaten Ngada, Jl. Soekarno Hatta No. 1, Bajawa, Ngada.
16. Kendari: Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tenggara, Jl. Balai Kota 4, Kendari.
17. Bau-Bau: Sekreariat Daerah Kota Bau Bau, d/a. Komplek Kantor Walikota Palagimata, Bau-Bau.
18. Selayar: Pemerintah Kabupaten Selayar, Jl. Ahmad Yani No. 1, Benteng, Selayar.
19. Konawe: Pemerintah Kabupaten Konawe, Komplek Perkantoran Pemerintah Daerah Konawe, Jl. Inolobunggaduwe, Kec. Unaaha, Kabupaten Konawe.
20. Wakatobi: Kantor BAPPEDA Kabupaten Wakatobi, Jl. Motika Komplek Perkantoran Mandati Wangi-wangi
21. Palu: Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sulawesi Tengah, Jl. Undata No. 7 Palu 94111
22. Gorontalo: Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Gorontalo, Jl. M. Husni Thamrin No. 170 Gorontalo 96115
23. Boalemo: Kantor BAPPEDA Kabupaten Boalemo Jl. Merdeka Alun-alun, Tilamuta, Kabupaten Boalemo
24. Morowali: Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Morowali d/a Komplek Perkantoran Pemda Morowali, Jl. Trans Sulawesi Dibungku.
25. Jayapura: Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Papua, Jl. Sulawesi 6-8 Dok VII, Jayapura.
26. Waropen: Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Waropen, Jl. Inpres, Waropen
27. Agats: Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Asmat, Jl. Frans Kaisiepo Agats No.7 Kota Agats Kode Pos 99677, Papua.
28. Manokwari: Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Manokwari, Jl. Percetakan Negara, Manokwari.
UJIAN SELEKSI
• Rayon Daerah dilaksanakan tanggal 8 - 12 Juni 2010, di masing-masing tempat pendaftaran.
• Rayon Pusat dilaksanakan tanggal 15 - 30 Juni 2010 di Kampus Sekolah Tinggi Perikanan Pasar Minggu Jakarta Selatan.
Selama ujian seleksi tidak disediakan pemondokan dan semua persyaratan yang telah diserahkan menjadi milik panitia.
Setiap peserta yang diterima akan memperoleh subsidi biaya pendidikan, biaya akomodasi dan konsumsi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan serta berkewajiban untuk:
• Tinggal di asrama selama masa pendidikan;
• Mematuhi peraturan yang berlaku di Sekolah Tinggi Perikanan;
• Menyediakan perlengkapan pribadi sesuai ketentuan;
• Mengembalikan biaya pendidikan apabila yang bersangkutan mengundurkan diri.

Jakarta, 01 April 2010
Panitia Pelaksana Penerimaan Taruna Baru
x
Ketua Sekretaris

Ir. Hj. Effi Athfiyani Thaib, M.Si Arpan Nasri Siregar, S.Pi
NIP. 19561104 198403 2 001 NIP. 19681030 199303 1 002

Mengetahui,
Ketua Sekolah Tinggi Perikanan

Dr. Aef Permadi, S.Pi, M.Si
NIP. 19610301 198603 1 004
x
Catatan :
1. Naskah asli pengumuman ini dapat diunduh di link berikut ini : Pengumuman Seleksi Penerimaan Taruna Baru STP-Jakarta Tahun 2010 (837 Kb)
2. Perubahan Jadwal Pendaftaran Dan Pelaksanaan Seleksi Penerimaan Taruna Baru dapat dilihat disini
2. Formulir dan Buku Panduan Pendaftaran untuk Rayon Jakarta, dapat diperoleh juga di :
• Serang : BAPPL - STP, Jl. STP Raya Karangantu Kecamatan Kasemen, Serang-Banten 42191Telefax (0254) 202094, e-mail bapplstp@dkp.go.id
• Bogor : STP Jurusan Penyuluhan Perikanan, Jl. Cikaret No.2 Kotak Pos 155 Bogor, Telepon (0251) 8485231, Fax (0251) 8485169, e-mail jurluhkan@dkp.go.id
3. Pertanyaan mengenai penerimaan Taruna STP dapat ditujukan ke Panitia Pelaksana Penerimaan Taruna Baru dengan alamat e-Mail : papentarustp@dkp.go.id

SPMB - PTAIN


SPMB-PTAIN
Persyaratan :
Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti SPMB-PTAIN:
1. Lulusan SMA, MA, SMK, MAK atau yang setara tahun 2008, 2009 dan 2010.
2. Lulusan Madrasah Diniyah, Pondok Pesantren Mu'adalah atau yang setara tahun 2008, 2009 dan 2010.
3. Lulusan paket C (dibuktikan dengan Surat Keterangan Lulus dan menyerahkan fotokopi rapor tiga tahun terakhir).
4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses belajar mengajar di Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri.
5. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.
6. Lulusan tahun 2010 harus menunjukkan ijazah/STL (bagi calon peserta yang belum mempunyai ijazah/STL harus menunjukkan surat keterangan lulus yang sudah ditempel foto dan disahkan oleh kepala sekolah) dan Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari kepala sekolah yang bersangkutan.
7. Lulusan tahun 2008 atau 2009 harus menunjukkan ijazah asli dan fotokopi yang disahkan oleh kepala sekolah dan Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari kepolisian.
8. Seluruh berkas persyaratan tersebut diserahkan dan/atau ditunjukkan kepada panitia pada saat validasi di tempat ujian
Pembayaran
1. Pembayaran dapat dilakukan di Bank BRI terdekat di seluruh Indonesia.
2. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta akan menerima bukti pembayaran dari Bank BRI yang dilengkapi dengan Nomor Jurnal dan PIN. Nomor Jurnal dan PIN ini bersifat sangat rahasia, tidak boleh diperlihatkan pada orang lain dan hanya dapat dipergunakan untuk pendaftaran online satu kali saja.
3. Nomor Jurnal dan PIN dipergunakan untuk pendaftaran secara online melalui website http://www.spmb-ptain.ac.id
Pendaftaran
1. Pendaftaran secara online dapat dilakukan melalui internet dari manapun melalui website http://www.spmb-ptain.ac.id.
2. Calon peserta harus memasukkan Nomor Jurnal dan PIN yang tercantum dalam bukti pembayaran serta mengetikkan huruf-huruf pada kotak yang tersedia, kemudian melakukan Login
3. Calon peserta mengisi borang/formulir pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Semua informasi yang diisikan dalam borang/formulir ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang/formulir ini berakibat pembatalan penerimaan peserta di PTAIN yang dituju.
4. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Ujian.
5. Kartu ujian dapat diunduh dan dicetak bila isian pendaftaran sudah lengkap, paling lambat tanggal 5 Juli 2010.
6. Pada kartu ujian tercantum nomor pendaftaran, nama peserta, program studi yang dipilih, lokasi, ruang ujian, dan jadual ujian. Kartu ini harus disimpan dan dibawa ketika melakukan validasi data dan pada saat mengikuti ujian.
Biaya Ujian
1. Biaya ujian ditetapkan sebesar Rp150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah).
2. Uang ujian berikut berkas administrasi yang telah diserahkan kepada panitia tidak dapat ditarik kembali.
Jumlah Pilihan
1. Setiap peserta dapat memilih maksimal tiga program studi.
2. Urutan pilihan program studi merupakan prioritas pilihan.
3. Peserta yang hanya memilih satu program studi, diperbolehkan memilih program studi dari PTAIN di wilayah manapun.
4. Peserta yang memilih dua program studi atau lebih, salah satu program studi yang dipilih harus program studi dari PTAIN yang berada dalam wilayah tempat peserta melakukan pendaftaran (Wilayah I, II, III, IV, V, dan VI). Pilihan program studi yang lain boleh dipilih dari PTAIN di wilayah lain.
5. Daftar Kode, Nama Program Studi, dan Daya Tampung dari semua PTAIN akan dicantumkan dalam www.spmb.ptain.ac.id
Jenis Tes
1. Tes Potensi Akademik (TPA)
2. Tes Bidang Studi Dasar
3. Tes Wawasan Keislaman
4. Tes Bidang Studi Prediktif (IPA/IPS)

Jadwal Ujian
Hari WIB WITA WIT Kegiatan
Selasa,
6 Juli 2010 07.30-08.30 08.30-09.30 09.30-10.30 Tes Potensi Akademik
08.30-09.30 09.30-10.30 10.30-11.30 Tes Bidang Studi Dasar
09.30-09.45 10.30-10.45 11.30-11.45 Istirahat
09.45-10.45 10.45-11.45 11.45-12.45 Tes Wawasan Keislaman
10.45-12.15 11.45-13.15 12.45-14.15 Tes Bidang Studi Prediktif

Pembobotan Hasil Ujian
Proporsi pembobotan penilaian meliputi:
1. Tes Potensi Akademik (TPA) : 30%
2. Tes Bidang Studi Dasar : 15%
3. Tes Wawasan Keislaman : 15%
4. Tes Bidang Studi Prediktif (TBSP) : 40%

Penilaian Hasil Ujian
Untuk setiap soal yang dijawab benar akan mendapat nilai 4; sedangkan soal yang dijawab salah akan mendapat nilai -1 dan soal yang tidak dijawab akan mendapat nilai 0.Jumlah nilai yang didapat akan dijumlahkan yang selanjutnya akan dikonversi dalam skala 0 - 100 d
Jadwal Pelaksanaan
No. Kegiatan Tanggal
1. Pendaftaran secara on-line 14 s.d 30 Juni 2010
2. Validasi data peserta ujian 5 Juli 2010
3. Pelaksanaan Ujian Tulis 6 Juli 2010
4. Pengumuman 23 Juli 2010

Pengumuman
Hasil ujian akan diumumkan pada tanggal 23 Juli 2010 melalui situs www.spmb-ptain.ac.id atau situs masing-masing PTAIN peserta SPMB-PTAIN, yang dapat diakses mulai pukul 00.00 WIB.

Penerimaan Mahasiswa Baru STAN


PENGUMUMAN
Nomor: PENG- 152 /SJ/2010
TENTANG
PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA III DAN I KEUANGAN
SEKOLAH TINGGI AKUNTANSI NEGARA
TAHUN AKADEMIK 2010/2011
Kementerian Keuangan Republik Indonesia akan menerima putra dan putri Warga Negara
Indonesia untuk mengikuti pendidikan pada Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dengan
spesialisasi sebagai berikut:
1. Program Diploma I Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
2. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
3. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Anggaran/Kebendaharaan Negara
4. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pajak
5. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
6. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pajak Bumi dan Bangunan
7. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi
A. LOKASI UJIAN SARINGAN MASUK (USM)
USM akan diselenggarakan di lokasi-lokasi berikut:
1. Jakarta 10. Cimahi 19. Banjarmasin
2. Banda Aceh 11. Semarang 20. Balikpapan
3. Medan 12. Yogyakarta 21. Manado
4. Padang 13. Surabaya 22. Palu
5. Pekanbaru 14. Malang 23. Makassar
6. Jambi 15. Denpasar 24. Ambon
7. Bengkulu 16. Mataram 25. Sorong
8. Palembang 17. Kupang 26. Jayapura
9. Bandar Lampung 18. Pontianak
B. SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN
1. Berijazah Sekolah Menengah Umum (SMU)/Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah
Aliyah, dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) semua Bidang Keahlian tahun 2008,
2009, atau 2010.
2. Nilai rata-rata “Ujian Tulis [gabungan antara Nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) dan
Ujian Akhir Sekolah (UAS)]” pada Ijazah (untuk lulusan tahun 2008 dan 2009) atau pada
Ijazah/Ijazah Sementara/Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU)/Surat Tanda Lulus (STL)
(untuk lulusan tahun 2010) tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol) dan nilai
tersebut bukan hasil pembulatan.
3. Bagi pendaftar (calon peserta USM) yang menggunakan ijazah dari sekolah luar negeri,
ijazah yang bersangkutan harus disahkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional.
4. Umur berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam Ijazah/Ijazah
Sementara/STL/SKHU tidak lebih dari 21 tahun pada tanggal 1 September 2010
(dalam pengertian bahwa yang lahir sebelum tanggal 1 September 1989 tidak
diperkenankan mendaftar).
KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
SEKRETARIAT JENDERAL
-2-
5. Tidak cacat badan dan bebas dari narkoba (narkotika dan obat terlarang).
6. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
7. Khusus untuk Program Diploma III dan I Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai,
ditambahkan persyaratan sebagai berikut:
a. Berjenis kelamin laki-laki;
b. Tinggi badan minimal 165 cm;
c. Tidak buta warna;
d. Bagi yang memiliki mata minus, tingkat minus mata yang diperbolehkan maksimal
adalah minus 3 dan tidak silindris;
e. Bagi mereka yang dinyatakan lulus ujian tertulis, harus mengikuti dan lulus tes
kesehatan dan kebugaran yang tempat pelaksanaannya akan diumumkan lebih
lanjut.
8. Menyetor biaya USM sebesar Rp 150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah) ke
rekening “Bendahara Administrasi Keuangan BLU STAN” di Bank Mandiri Kantor
Cabang Jakarta Bintaro Jaya Nomor Rekening 128-00-0554888-5, dengan ketentuan
sebagai berikut:
a. Setoran dapat dilakukan di setiap bank umum;
b. Periode penyetoran adalah tanggal 28 April 2010 s.d. 4 Juni 2010;
c. Bukti setor harus atas nama calon peserta ujian;
d. Panitia tidak menerima bukti setor kolektif;
e. Bukti setor harus disahkan/divalidasi petugas bank (tidak melalui ATM, Phone
Banking, Internet Banking, dan lain-lain);
f. Uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apa pun;
g. Biaya yang ditimbulkan akibat penyetoran uang pendaftaran adalah tanggungan
pendaftar (calon peserta ujian).
C. TATA CARA PENDAFTARAN
1. Pendaftaran dilaksanakan pada hari kerja jam 09.00 - 15.00 waktu setempat, tanggal 10
Mei 2010 s.d. tanggal 4 Juni 2010.
2. Formulir pendaftaran dapat diperoleh di lokasi pendaftaran atau di-download melalui situs
www.depkeu.go.id, www.bppk.depkeu.go.id dan www.stan.ac.id.
3. Pada saat mendaftar, pendaftar (calon peserta ujian) harus menyerahkan secara lengkap
berkas-berkas pendaftaran sebagai berikut:
a. Formulir pendaftaran yang telah diisi secara lengkap;
b. Pasfoto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 3 (tiga) lembar;
c. Asli bukti penyetoran uang ujian saringan masuk dari bank yang dimaksud pada
syarat pendaftaran (lihat huruf B nomor 8) beserta fotokopinya sebanyak 1 (satu)
lembar;
d. 1 (satu) lembar fotokopi Ijazah/Ijazah Sementara/STL/SKHU yang telah dilegalisasi
oleh Kepala Sekolah/pejabat berwenang;
e. 1 (satu) lembar fotokopi kartu identitas diri (KTP, SIM, kartu pelajar, atau kartu
identitas lainnya yang masih berlaku).
4. Pilihan Spesialisasi:
a. Pendaftar (calon peserta ujian) harus menentukan 3 (tiga) pilihan Spesialisasi
berdasarkan urutan prioritas dan ketiga pilihan tersebut tidak boleh sama.
b. Penentuan spesialisasi bagi peserta ujian yang dinyatakan lulus didasarkan atas
pilihan sesuai dengan ketentuan pada butir C.4.a. dan Panitia Penerimaan
Mahasiswa Baru berwenang untuk mengalokasikan peserta yang dinyatakan lulus
ke spesialisasi lainnya.
5. Pendaftar (calon peserta ujian) wajib menyerahkan sendiri berkas pendaftaran di lokasilokasi
pendaftaran yang dapat dipilih sendiri, yaitu sebagai berikut:
No. Lokasi ujian Lokasi pendaftaran
1 Jakarta Kampus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)
Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan
KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
SEKRETARIAT JENDERAL
-3-
No. Lokasi ujian Lokasi pendaftaran
2 Banda Aceh Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Nanggroe Aceh Darussalam
Gedung Keuangan Negara (GKN)
Jl. Tgk. Chik Ditiro Banda Aceh
3 Medan Balai Diklat Keuangan (BDK) Medan
Gedung Keuangan Negara (GKN) II Lt. V
Jl. Diponegoro 30A Medan
4 Padang Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Sumatera Barat dan Jambi
Jl. Pemuda 49 Padang
5 Pekanbaru Balai Diklat Keuangan (BDK) Pekanbaru
Jl. Sumatera Nomor 32 Pekanbaru
6 Jambi Kanwil V Ditjen Perbendaharaan (DJPBN) Jambi
Jl. Mayjen M. Yoesoef Singadikane 45 Jambi
7 Bengkulu Kanwil VIII Ditjen Perbendaharaan (DJPBN) Bengkulu
Jl. Adam Malik (d.h. P. Natadireja 271) Km. 8 Bengkulu
8 Palembang Balai Diklat Keuangan (BDK) Palembang
Jl. Suka Bangun II Kec. Sukarami Palembang
9 Bandar Lampung Kanwil V Ditjen Kekayaan Negara (DJKN) Bandar Lampung
Jl. Raden Intan No. 121 Teluk Betung Bandar Lampung
10 Cimahi Balai Diklat Keuangan (BDK) Cimahi
Jl. Gado Bangkong No. 111 Cimahi
11 Semarang Kanwil Ditjen Bea dan Cukai Jawa Tengah dan DI Yogyakarta
Jl. Coaster 1-3 Semarang
12 Yogyakarta Balai Diklat Keuangan (BDK) Yogyakarta
Jl. Solo Km. 11, Kalasan, Sleman, Yogyakarta
13 Surabaya Kanwil XV Ditjen Perbendaharaan (DJPBN) Surabaya
Gedung Keuangan Negara (GKN) Surabaya I
Jl. Indrapura 5 Surabaya
14 Malang Balai Diklat Keuangan (BDK) Malang
Jl. Jend. A. Yani Utara No. 200 Malang
15 Denpasar Balai Diklat Keuangan (BDK) Denpasar
Gedung Keuangan Negara (GKN) 1 Lt. 3
Jl. Dr. Kusumaatmadja 19 Renon Denpasar
16 Mataram Kanwil XXI Ditjen Perbendaharaan (DJPBN) Mataram
Jl. Majapahit No. 10 Mataram
17 Kupang Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC)
Tipe A3 Kupang
Jl. M. Praja No. 2 Tenau Kupang
18 Pontianak Balai Diklat Keuangan (BDK) Pontianak
Jl. Sultan Abdurrahman 31 Pontianak
KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
SEKRETARIAT JENDERAL
-4-
No. Lokasi ujian Lokasi pendaftaran
19 Banjarmasin Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Kalsel dan Kalteng
Jl. A. Yani km 6,7 Banjarmasin
20 Balikpapan Balai Diklat Keuangan (BDK) Balikpapan
Gedung Keuangan Negara (GKN)
Jl. A. Yani 68 Balikpapan
21 Manado Balai Diklat Keuangan (BDK) Manado
Jl. Mapanget Km. 0,5 Paniki Dua Manado
22 Palu Kanwil XXIV Ditjen Perbendaharaan (DJPBN) Palu
Jl. Tanjung Dako 15 Palu
23 Makassar Balai Diklat Keuangan (BDK) Makassar
Komplek Perkantoran Gedung Keuangan Negara (GKN)
Jl. Urip Sumoharjo Km.4 Makassar
24 Ambon Kanwil XXIX Ditjen Perbendaharaan (DJPBN) Ambon
Jl. Pitu Ina No. 7 Karang Panjang Ambon
25 Sorong Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sorong
Jl. Jend. Sudirman 26 Sorong
26 Jayapura Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Papua dan Maluku
Jl. Raya Abepura Kotaraja Jayapura
6. Setelah berkas pendaftaran dianggap lengkap dan benar, pendaftar akan memperoleh Bukti
Peserta Ujian (BPU).
D. PELAKSANAAN UJIAN
1. Materi ujian meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris.
2. Ujian dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 20 Juni 2010 secara serentak di seluruh
lokasi ujian mulai jam 08.30 WIB/09.30 WITA/10.30 WIT.
3. Pada saat ujian peserta harus membawa BPU dan kartu identitas diri asli sesuai yang
diserahkan pada saat penyerahan berkas pendaftaran (KTP, SIM, kartu pelajar, atau kartu
identitas lainnya yang masih berlaku).
4. Peserta ujian wajib membawa sendiri pensil 2B, penghapus, ballpoint, dan perlengkapan
ujian lainnya yang dianggap perlu.
E. PENGUMUMAN HASIL USM DAN CALON PESERTA TES KESEHATAN DAN
KEBUGARAN
Hasil USM dan calon peserta tes kesehatan dan kebugaran (khusus Untuk Program
Diploma III dan I Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai) beserta tempat
pelaksanaan tes akan diumumkan pada hari Jumat, tanggal 23 Juli 2010 pukul 14.00
WIB/15.00 WITA/16.00 WIT di tempat-tempat pendaftaran serta di situs www.depkeu.go.id,
www.bppk.depkeu.go.id dan www.stan.ac.id.
F. TES KESEHATAN DAN KEBUGARAN (UNTUK PROGRAM DIPLOMA III DAN I
KEUANGAN SPESIALISASI KEPABEANAN DAN CUKAI)
Tes kesehatan dan kebugaran dilaksanakan pada hari Selasa s.d Kamis, tanggal 27
Juli 2010 s.d. 29 Juli 2010 mulai jam 07.30 waktu setempat.
KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
SEKRETARIAT JENDERAL
-5-
G. PENGUMUMAN HASIL TES KESEHATAN DAN KEBUGARAN (UNTUK PROGRAM
DIPLOMA III DAN I KEUANGAN SPESIALISASI KEPABEANAN DAN CUKAI)
Hasil tes kesehatan dan kebugaran akan diumumkan pada hari Selasa, tanggal 3
Agustus 2010 pukul 14.00 WIB/15.00 WITA/16.00 WIT di tempat-tempat pendaftaran serta
di situs www.depkeu.go.id, www.bppk.depkeu.go.id dan www.stan.ac.id.
H. PENDAFTARAN ULANG
1. Peserta USM yang dinyatakan lulus (calon mahasiswa) harus melakukan pendaftaran
ulang di tempat-tempat yang ditetapkan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru dengan
menyerahkan:
a. Pasfoto berwarna terbaru sebagai berikut:
1) Ukuran 2x3 cm = 2 (dua) lembar;
2) Ukuran 4x6 cm = 4 (empat) lembar.
b. 1 (satu) lembar fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/pejabat
berwenang dengan memperlihatkan ijazah aslinya.
c. Surat Keterangan dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa calon
mahasiswa berbadan sehat dan tidak cacat badan.
d. Surat Keterangan dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa calon
mahasiswa bebas dari narkoba (narkotika dan obat terlarang).
e. Surat keterangan hasil rontgen thorax dari Rumah Sakit Pemerintah yang
menyatakan bahwa calon mahasiswa dalam keadaan sehat.
f. Surat Keterangan dari Kepala Desa/Lurah/pejabat berwenang yang menyatakan
bahwa calon mahasiswa belum pernah menikah.
g. Surat pernyataan dari calon mahasiswa bahwa selama mengikuti pendidikan
bersedia untuk tidak menikah dan bersedia untuk mematuhi peraturan disiplin
mahasiswa.
h. Surat pernyataan kesanggupan wajib kerja di Kementerian Keuangan atau Instansi
Pemerintah lainnya baik di pusat maupun di daerah.
i. Asli Bukti Peserta Ujian (BPU).
2. Pendaftaran ulang dilakukan pada hari kerja jam 09.00 - 15.00 waktu setempat pada
tanggal:
a. 26 Juli 2010 - 6 Agustus 2010 untuk selain calon mahasiswa Program Diploma III
dan I Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai.
b. 4 Agustus 2010 - 13 Agustus 2010 untuk calon mahasiswa Program Diploma III
dan I Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai.
3. Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru berhak menyatakan bahwa calon mahasiswa tidak
diterima menjadi mahasiswa walaupun telah lulus USM apabila terdapat persyaratan
pendaftaran (huruf B butir 1 sampai dengan 8) dan persyaratan pendaftaran ulang (huruf
H butir 1) di atas yang tidak dipenuhi oleh calon mahasiswa dalam batas waktu
pendaftaran ulang, dan/atau terdapat data yang palsu.
I. PENDIDIKAN
1. Lama pendidikan untuk Program Diploma I adalah 2 (dua) semester dan Program Diploma
III adalah 6 (enam) semester. Mahasiswa yang tidak berhasil memenuhi syarat kelulusan
pada akhir setiap semester akan dikeluarkan dari pendidikan.
2. Pendidikan diselenggarakan di lokasi sebagai berikut:
a. D-III : Kampus STAN Bintaro
b. D-I : Kampus STAN Bintaro, Pusdiklat Bea dan Cukai, dan/atau Balai Diklat
Keuangan di daerah.
3. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara tidak memungut uang kuliah selama mengikuti
pendidikan.
KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
SEKRETARIAT JENDERAL
-6-
4. Lulusan Program Diploma III dan I Keuangan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara
direncanakan untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan
Kementerian Keuangan atau instansi pemerintah lainnya baik di pusat maupun di daerah
sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
J. LAIN-LAIN
1. Semua biaya (pengangkutan, pemondokan, dan lain-lain) yang dikeluarkan oleh peserta
USM/calon mahasiswa dalam rangka mendaftarkan diri dan mengikuti USM menjadi
tanggungan peserta USM/calon mahasiswa.
2. Dalam proses pendaftaran, ujian, maupun penerimaan mahasiswa baru STAN tidak
diadakan surat menyurat dan dispensasi dalam bentuk apa pun.
3. Kelulusan peserta USM adalah prestasi peserta USM sendiri. Jika ada pihak-pihak
yang menjanjikan kelulusan dengan motif apa pun, maka hal tersebut merupakan
tindakan penipuan.
4. Keputusan panitia penerimaan mahasiswa baru tidak dapat diganggu gugat.
5. Pengumuman pendaftaran dan pengumuman hasil USM dapat pula dilihat di situs
www.depkeu.go.id, www.bppk.depkeu.go.id dan www.stan.ac.id.
6. Apabila di kemudian hari ditemukan bahwa informasi yang diberikan peserta USM
ternyata tidak benar, maka Kepala BPPK berwenang menjatuhkan sanksi berupa
pembatalan kelulusan USM atau pencabutan status sebagai mahasiswa dari program
pendidikan yang dijalani.
7. Apabila terdapat informasi yang dianggap kurang jelas atau terdapat masalah yang terkait
dengan proses pendaftaran, calon peserta USM dapat menghubungi Panitia Pelaksana
Pusat USM Program Diploma III dan I Keuangan di Kampus Sekolah Tinggi Akuntansi
Negara Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, telepon (021)
7361654, email: usm@stan.ac.id, yahoo messenger : usmstan pada hari dan jam kerja.

Rabu, 19 Mei 2010

PELANGI KEHIDUPAN

Foto by : www.restika.wongso.com

Di suatu senja yang temaram ,bintang mulai bermunculan

Langkah-lankah kaki kecil mulai berjalan menuju langgar

Tampak suara adzan yang bergaung disana-sini

Meramaikan suasana yang mulai gelap dan sunyi

Tiada hiruk pikuk suara orang belalu lalang di hari nan gelap

Sebagian ibu,mbah,bapak ,kakak mas dan para anak anak

Berusaha menyibak keheningan dengan suara puji-pujian

Mukena,sarung dikenakan dan sajadah digelar untuk berserahdiri

Kepangkuan sang pencipta,tuk bersyukur dengan apa yang diberikan

Tuk bersujud apa yang jadi beban kehidupan ,

Tuk mengadu apa yang jadi permintaan,

Tuk berdoa sebagai bekal pada hari kemudian,

Setelah seharian berpayah – payah untuk tetap mencari uang

Karena ditunggu anaknya untuk bayar sekolah

Karena segengam recehan untuk beli susu anaknya

Karena segelintir kertas ribuan untuk ditukarkan dengan beras

Sebagian lagi manusia berhura-hura

Mabuk,judi ,main perempuan, andalanya

Belanja di mal yang mewah ,mahal dan terkenal

Berpesta dengan para relasinya

Hanya untuk kesenangan

Hanya untuk mencari kehormatan

Hanya untuk mencari kepuasan

Hidup …………………oh hidup………..

Ya Illahi robbi ......................

Aku bernafas melalui hidung ciptaanmu………

Aku melihat melalui mata ciptaanmu…………

Aku berbicara melalui mulut ciptaanmu……….

Aku mendengar melalui telingga ciptaanmu………

Dan aku merasakan melalui hati ciptaanmu………

Oh……….Sang Pencipta jagad raya

Kenapa kau berikan

Cinta………..

Duka………..

Suka……….

Derita…

Apakah ini yang namanya indahnya dunia,dengan segala pelangi kehidupan.???



By : Naning Wijayanti