Jumat, 04 Mei 2012

PENERIMAAN TARUNA BARU JALUR KHUSUS UNTUK PELAKU UTAMA PERIKANAN (SIPENTARU PUMAKAN) 2012


PENGUMUMAN PENERIMAAN TARUNA BARU JALUR KHUSUS
UNTUK PELAKU UTAMA PERIKANAN (SIPENTARU PUMAKAN)
PROGRAM DIPLOMA IV
SEKOLAH TINGGI PERIKANAN TAHUN 2012
Nomor : 002/PENTARU/PENG/IV/2012

Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta memanggil pelaku utama perikanan (nelayan, pengolah hasil perikanan, pembudidaya ikan, pedagang ikan, petani garam, pekerja magang di sektor kelautan dan perikanan) untuk dididik sebagai Taruna Program Diploma IV ahli perikanan. Pilihan Program Studi terdiri atas: Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan (TPI), Program Studi Permesinan Perikanan (MP), Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPH), Program Studi Teknologi Akuakultur (TAK). Persyaratan dan prosedur pendaftaran adalah sebagai berikut :

PERSYARATAN CALON PESERTA
Persyaratan Umum:
  1. Siswa lulusan SMA/MAN (IPA/IPS), SUPM dan SMK (Bidang/Program Studi Perikanan, Kelautan, Maritim, Pelayaran, Mesin Otomotif, Listrik, Industri);
  2. Umur tidak lebih 25 tahun pada tanggal 31 Agustus 2012;
  3. Tinggi badan minimum : Putra 160 cm dan Putri 150 cm, dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku;
  4. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental serta tidak buta warna dan tidak hamil selama mengikuti pendidikan;
  5. Berkelakuan baik;
Persyaratan Khusus :
  1. Peserta adalah pelaku utama atau pekerja magang di sektor kelautan dan perikanan yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pihak yang berwenang;
  2. Program Studi TPI dan MP pesertanya khusus putra dan tidak berkaca mata/lensa kontak;
  3. Program Studi pilihan bagi calon dari SUPM dan SMK disesuaikan dengan program keahliannya;
PROSEDUR PENDAFTARAN

Pendaftaran dilakukan dengan menyampaikan secara langsung atau mengirimkan berkas pendaftaran yang meliputi :
  1. Formulir pendaftaran yang telah diisi (form terlampir);
  2. Satu lembar copy Ijazah/STTB/Surat Tanda Lulus yang disahkan oleh Kepala Sekolah dan copy rapor mulai dari halaman depan hingga semester 5 yang telah dilegalisir;
  3. Dua lembar pas foto terbaru ukuran 4 x 6 cm (berwarna);
  4. Satu lembar copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang telah dilegalisir;
  5. Satu lembar copy KTP yang bersangkutan dan Kartu Keluarga yang telah dilegalisir;
  6. Surat Keterangan sebagai pelaku utama atau pekerja magang di sektor kelautan dan perikanan di atas materai Rp. 6000, yang disahkan oleh kelurahan/Kepala Desa dan diketahui oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan setempat (format terlampir).
  7. Foto copy surat pengalaman kerja (diutamakan yang telah dilegalisir oleh instansi terkait);
  8. Foto copy bukti transfer Uang Pendaftaran Rp. 75.000,- (tujuh puluh lima ribu rupiah) yang ditransfer ke rekening 0147374582 Bendahara Penerimaan STP, Bank BNI 46 Cabang Fatmawati Jakarta;
  9. Berkas uji kesehatan (asli) yang meliputi : Surat Ketengan Sehat dari dokter pemerintah (tinggi dan berat badan serta buta warna), Thorax-photo, uji laboratorium terdiri dari urine rutin dan darah (Hb, leuco, Diff, Led, SGOT, SGPT, HBS.ag, urium, creatinin);
  10. Surat pernyataan keabsahan data yang ditandatangani di atas materai Rp. 6000 (format terlampir);
  11. Berkas dimasukkan dalam stop map biru muda, kemudian dimasukkan dalam amplop; Cantumkan pada sudut kiri atas dengan huruf kapital tulisan SIPENTARU PUMAKAN;
  12. Berkas dapat disampaikan secara langsung atau dikirim via pos ditujukan kepada PANITIA SIPENTARU-STP d/a Sekolah Tinggi Perikanan  Jln. AUP No.1 Rt.001/09, Pasar Minggu – Jakarta Selatan 12520.
WAKTU PENDAFTARAN

Pendaftaran dimulai tanggal 25 April s/d 12 Juni 2012, berkas pendaftaran yang dikirim via pos paling lambat diterima Panitia tanggal 12 Juni 2012 pukul 16.00 WIB.

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI

Hasil seleksi administrasi akan diumumkan melalui Website STP http://www.stp.kkp.go.id dan Website KKP http://www.kkp.go.id pada tanggal  16 Juni 2012.  Peserta yang dinyatakan lulus harus mengikuti uji wawancara, tempat dan waktu akan ditentukan kemudian pada saat pengumuman kelulusan seleksi administrasi.

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI AKHIR

Hasil seleksi akhir akan diumumkan melalui Website STP http://www.stp.kkp.go.id dan Website KKP http://www.kkp.go.id pada tanggal 08 Agustus 2012.

KETENTUAN LAIN
  1. Peserta yang dinyatakan lulus wajib menyerahkan surat pernyataan kesanggupan mengikuti pendidikan di Sekolah Tinggi Perikanan, paling lambat tanggal 14 Agustus 2012;
  2. Peserta yang dinyatakan lulus wajib masuk asrama tanggal 31 Agustus 2012 dengan membawa ijazah (asli) pada saat daftar ulang;
  3. Peserta yang dinyatakan lulus wajib tinggal di asrama, tanpa dipungut biaya akomodasi maupun biaya konsumsi dan sanggup mematuhi peraturan di Sekolah Tinggi Perikanan;
  4. Menyediakan biaya perlengkapan pribadi dan keperluan lainnya selama mengikuti pendidikan;
  5. Jika peserta tidak dapat menunjukkan ijazah (asli) dan terbukti melakukan penyimpangan data yang disampaikan, maka keputusan kelulusannya akan dibatalkan dan calon taruna dipulangkan dengan biayanya sendiri;
  6. Berkas pendaftaran yang telah diserahkan menjadi milik Panitia;
  7. Keputusan Panitia tidak dapat diganggu gugat.
Jakarta, 25 April 2012
Panitia Pelaksana Penerimaan Taruna Baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar